Selasa, 01 April 2008

Permasalahan Silabus Bimbingan Konseling SMP kelas 9

Sub Tugas: Mengenal Kemampuan, bakat, minat, serta arah kecendrungan karir dan apresiasi seni.
- Memahami Pengaruh Positif Kecendrungan Karir Terhadap Kegiatan Belajar.
1. Contoh-contoh pengaruh positif kecenderungan karir terhadap kegiatan belajar
2. Cara-cara dan penerapan pengembangan pengaruh positif kecenderungan karir terhadap kegiatan belajar.
Permasalahan yang dapat diambil dari sub tugas diatas adalah bagaimana caranya untuk mengarahkan siswa anak kelas III SMP untuk menyalurkan bakat atau minatnya dalam memilih sekolah menengah ke atas.
misalnya:
- Anak siswa SMP itu ada yang ingin menjadi seorang guru, maka bagaimana caranya seorang pengajar harus memberikan masukan kepada siswa-siswinya yang berminat menjadi guru untuk melanjutkan ke sekolah menengah atas yang menuju kepada keguruan.
- Ada pula anak siswa SMP yang ingin menjadi seorang lokomotif, maka bagaimana seorang pengajar harus memberikan semangat kepada para siswa-siswinya untuk meyakinkan apa yang dia bakati itu adalah karir dia nanti.
Solusinya untuk menyelesaikan masalah-masalah yang timbul pada anak SMP kelas III yaitu:
- Seorang pengajar harus bisa mengarahkan atau meyakinkan siswa-siswinya yang mempunyai bakat, bahwa apa yang telah dia miliki itu adalah jalan untuk masa depannya dan untuk memilih salah satu sekolah menengah atas kesesuai dengan bakat yang dimiliki dirinya.
- Memberikan semangat kepadanya, supaya apa yang dia minati dan dia bakati menjadi pilihan yang dia ambil untuk karirnya ke depan.

Tidak ada komentar: