SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Tahun Pelajaran : 2006 - 2007
Sekolah : SMA Negeri 60 Jakarta Kelas : XII Semester: 5
Sub Tugas Perkembangan :
Pemantapan sikap dan kebiasaan serta pengembangan wawasan dalam beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
BIDANG BIMBINGAN | KOMPETENSI YANG DIHARAPKAN | MATERI PELAYANAN BK | KEGIATAN | KETERA NGAN | |||
LAYANAN | PENDUKUNG | PENILAIAN | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | |
| Pribadi :
1.Pemantapan sikap dan kebiasaan serta pengembangan wawasan dalam beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa
2.Pemantapan pemahaman tentang kekuatan diri dan pengembangannya untuk kegiatan yang kreatif dan produktif, baikdalam kehidupan sehari- hari maupun untuk perannya di masa depan
Sosial : Aspek- aspek dalam kehidupan beragama
Belajar: Usaha berfikir dan meng- optimalkan fungsi pikir akan mendatangkan pahala
Karier: Aspek-aspek bekerja dan pengembangan karier dalam kehidupan beragama
| 1.Memiliki keyakinan dan ketagwaan sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya
1.1. Memahami diri sendiri dan eksistensi diri manusia sebagai machluk Tuhan
1.2. Mensinergikan dzikir, fikir dan ikhtiar
2.Memiliki dasar humaniora untuk menerapkan kebersamaan dalam kehidupan
2.1. Menyadari tugas dan kewajibannya sebagai mahluk Tuhan YME
2.2. Membangkitkan rasa spiritual dan rasa bertanggungjawab untuk memikirkan peran sendiri dalam kehidupan ini
2.3. Meningkatkan kecerdasan spiritual dengan menyadari dan mensyukuri kelebihan dan kekurangan setiap individu
2.4. Menghiasi diri dengan sifat-sifat unggul
|
akan diawali adanya suatu perencanaan masa depan yang didasari adanya kecerdasan emotional dan sprititual (esq). Dan individu dikatakan sukses , bilamana yang bersangkutan berguna baik bagi dirinya maupun bagi orang lain Kesuksesan yang dimaksud meliputi; akademis dan non akademis, talenta dan pengalaman Pemahaman EQ (Emotional Quotient) * Sukses akademis ; mampu menyelesaikan studi lanjut S1,S2,S3 hasil karyanya dapat bermanfaat dan diakui bagi orang lain (dokter, guru, desainer.dll) * Sukses non akademis ; hasil karyanya yang diperoleh dari pengembangan diri tanpa melalui jenjang perguruan tinggi, dapat dipergunakan dan diakui manfaatnya oleh orang lain (penjahit, kapster,dll.) * Sukses talenta ; keberhasilannya dari pengembangan bakat yang dimiliki (penyanyi, pegulat, dll) * Sukses pengalaman ; keberhasilan yang diperoleh dari kerja keras dan usaha yang sungguh-sungguh.
Setiap individu secara garis besar memiliki kemampuan intelektual, emosi dan spiritual
ESQ (Emotional Spiritual Quotient) adalah mekanisme me “manage” ketiga dimensi Inteltual, Emotional dan Spiritual.
Tugas 1: Siswa diberikan tugas , menuliskan kunci kata hati ; 10 sifat positp dan 10 sifat negatip dan tanggapan
Tugas 2 : Siswa diberikan tugas menilai diri sendiri secara jujur , bila mencapai 100 berarti memiliki SQ yang luar biasa.
ESQ diperlukan oleh setiap individu agar dapat bertindak arif –bijaksana , dapat menyikapi segala sesuatu dengan lebih jernih dan cenderung mengisi kehidupan dengan bermakna.
Tugas 3 : Siswa diberikan tugas meneliti barometer suasana hati dengan aplikasi dan realitas yang terdapat pada diri sendiri.
Kecakapan hidup yang dapat dikembangkan pada kegiatan ini, adalah :
| 1. Informasi
2. Orientasi
3. Pembelajaran
4. Konseling Kelompok
5. Konseling Individu | 1. APIN (Aplikasi Instrumentasi Bimbingan)
Non Tes
2. Alih Tangan Kasus
Non Tes: 1) format isian 10 sifat positif dan 10 sifat negativ yang dimliki serta tanggapan 2) format isian penilaian diri sendiri
3) format Tes SQ, dorongan Suara Hati
2. Alih Tangan kasus (bagi siswa yang memerlukan memperoleh pelatihan ESQ secara pribadi maupun kelompok) | 1. Laiseg (Penilaian segera)
2. Laijapen (Penilaian jangka pendek)
3. Laijapang (Penilaian jangka panjang)
1. Laiseg (Penilaian segera) mengetahui kunci kata hati ; 10 sifat positif –negatif 2. Laijapen (Penilaian jangka pendek) penlaian diri sendiri secara jujur, bila perolehan nilai 100, siswa memiliki SQ yang luar biasa 3. Laijapang (Penilaian jangka panjang) siswa ada pada satu garis orbit, dimensi spiritual bersifat universal | 1.Alokasi waktu:
awal tahun pelajaran (Juli / Agustus 2006
2. Sumber Belajar
a) Buku Modul BK kelas kelas III ’03, kelas XII ’04 , kelas XII ‘06
b) Internet mailinglist ESQ L.C.
c) Pelatihan ESQ.
d) Seminar ESQ Learning Super Memory
3. Kerjasama:
a) GP/ Konselor lainnya
b) Guru Agama Rohis dan Rokris
c) Wakasek Sarana Prasarana
d) Wakasek Kesiswaan
e) Mengundang pakar ESQ khusus untuk remaja |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar