tag:blogger.com,1999:blog-87199918347669764372024-02-19T22:31:00.115-08:00Rosa anak sastraanak sastrahttp://www.blogger.com/profile/04454225415304002619noreply@blogger.comBlogger5125tag:blogger.com,1999:blog-8719991834766976437.post-82737181223145322972008-04-29T01:25:00.000-07:002008-04-29T01:38:10.557-07:00Tugas BK<p><b style="">Tugas 1<o:p></o:p></b></p> <p>Buatlah instrument wawancara atau daftar pertanyaaan yang bertujuan untuk mengetahui 1. Motif dan motivasi klien/ siswa dalam belajar</p> <p>Jawab:</p> <p style="margin-left: 0.5in;">A : Apa yang mendorong anda untuk mengejar cita-cita anda ?<br /></p> <p style="margin-left: 0.5in;">B :<span style=""> karena saya ingin menjadi orang yang sukses dan meraih kebahagiaan hidup.</span></p> <p><span style=""></span>2. Potensi bawaan klien dalam maraih kesuksesan dan kebahagiaan hidupnya </p> <p>Jawab:</p> <p style="margin-left: 0.5in; text-indent: -0.25in;"><!--[if !supportLists]--><span style="">A <span style="font-family: "Times New Roman"; font-style: normal; font-variant: normal; font-weight: normal; font-size: 7pt; line-height: normal; font-size-adjust: none; font-stretch: normal;"> </span></span><!--[endif]-->: Apakah hobi anda ?</p> <p style="margin-left: 0.25in;"><o:p> </o:p></p> <p style="margin-left: 0.5in; text-indent: -0.25in;"><!--[if !supportLists]--><span style="">B <span style="font-family: "Times New Roman"; font-style: normal; font-variant: normal; font-weight: normal; font-size: 7pt; line-height: normal; font-size-adjust: none; font-stretch: normal;"> </span></span><!--[endif]-->: Hobi saya membaca novel.</p> <p><span style=""></span>3. pengaruh lingkungan belajar klien / siswa.</p> <p>Jawab: </p> <p>A : Bagaimana lingkungan yang anda perlukan pada saat anda belajar ?<br /></p> <p style="margin-left: 0.25in; text-indent: -0.25in;">B : Lingkungan yang nyaman dan tidak berisik<br /></p><p style="margin-left: 0.25in; text-indent: -0.25in;"><o:p> </o:p></p> <p style="margin-left: 0.25in; text-indent: -0.25in;"><o:p> </o:p></p> <p style="margin-left: 0.25in; text-indent: -0.25in;"><o:p> </o:p></p> <p>4. keunikan pribadi klien / siswa.</p> <p>Jawab:</p> <p>A : <span style=""></span>Bagaimana cara anda berinteraksi dengan lingkungan ?<br /></p> <p style="margin-left: 0.25in; text-indent: -0.25in;">B : Mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di dalam lingkungan sekitar.<br /></p><p><b style=""><o:p> </o:p></b></p> <p><b style=""><o:p> </o:p></b></p> <p><b style=""><o:p> </o:p></b></p> <p><b style=""><o:p> </o:p></b></p> <p><b style=""><o:p> </o:p></b></p> <p><b style=""><o:p> </o:p></b></p> <p><b style=""><o:p> </o:p></b></p> <p><b style=""><o:p> </o:p></b></p> <p><b style=""><o:p> </o:p></b></p> <p><b style=""><o:p> </o:p></b></p> <p><b style=""><o:p> </o:p></b></p> <p><b style=""><o:p> </o:p></b></p> <p><b style=""><o:p> </o:p></b></p> <p><b style=""><o:p> </o:p></b></p> <p><b style=""><o:p> </o:p></b></p> <p><b style="">Tugas 2<o:p></o:p></b></p> <p style="margin-left: 1.5in; text-indent: 0.5in;"><b style="">Teori belajar behaviorisme<o:p></o:p></b></p> <p style="text-align: justify; text-indent: 0.5in;">John. B Watson adalah pelopor aliraan behaviorisme. Dia menyatakan bahwa psikologi yang dipelajari orang selama ini baik kaum strukturalisme maupun fungsionalisme termasuk metode yang <span style=""> </span>mereka lakukan semuanya salah. Ia juga berpendapat bahwa mempelajari gejala atau pengalaman kesadaran dengan teknik observasi introspeksi meskipun dengan cara eksperimental sekalipun adalah kurang tepat kerena dengan introspeksi yang subjektif itu tidak mungkin menjamin hasil yang objektif. Oleh karena itu, Watson menghimbau agar psikologi tidak lgi memusatkan perhatiannya untuk mempelajari gejala- gejala kesadaran atau bawah sadar tetapi sesuai dengan tugasnya psikologi harus berupaya untuk meramalkan apa sebenarnya yang menjadi sasaran apa tujuan tingkah laku dan berusaha agar bagaimana seorang dapat maengendalikan tingkah laku tersebut. Teori ini mempengaruhi pemikiran psikologi modern salah satu tokohnya adalah: Pavlov, ER. Guthrie, C.Hull</p> <p style="text-align: center;" align="center"><b style="">Teori Belajar Konstruktivisme<o:p></o:p></b></p> <p style="text-align: justify; text-indent: 0.5in;">Konstruktivisme adalah salah satu filsafat pengetahuan yang menekankan bahwa pengetahuan adalah bentukan (konstruksi) kita sendiri (Von Glaserfeld). Pengetahuan bukan tiruan dari realitas, bukan juga gambaran dari dunia kenyataan yang ada. Pengetahuan merupakan hasil dari konstruksi kognitif melalui kegiatan seseorang dengan membuat struktur, kategori, konsep, dan skema yang diperlukan untuk membentuk pengetahuan tersebut.<o:p></o:p></p> <p style="text-align: justify; text-indent: 0.5in;">Jika behaviorisme menekankan ketrampilan atau tingkah laku sebagai tujuan pendidikan, sedangkan maturasionisme menekankan pengetahuan yang berkembang sesuai dengan usia, sementara konstruktivisme menekankan perkembangan konsep dan pengertian yang mendalam, pengetahuan sebagai konstruksi aktif yang dibuat siswa. Jika seseorang tidak aktif membangun pengetahuannya, meskipun usianya tua tetap tidak akan berkembang pengetahuannya. Suatu pengetahuan dianggap benar bila pengetahuan itu berguna untuk menghadapi dan memecahkan persoalan atau fenomena yang sesuai. Pengetahuan tidak bisa ditransfer begitu saja, melainkan harus diinterpretasikan sendiri oleh masing-masing orang. Pengetahuan juga bukan sesuatu yang sudah ada, melainkan suatu proses yang berkembang terus-menerus. Dalam proses itu keaktivan seseorang sangat menentukan dalam mengembangkan pengetahuannya.</p> <p style="text-align: justify;"><o:p> </o:p></p> <p style="text-align: justify;"><o:p> </o:p></p> <p style="text-align: justify;"><o:p> </o:p></p> <p style="text-align: justify;"><o:p> </o:p></p> <p style="text-align: justify;"><b style="">Tugas 3<o:p></o:p></b></p> <p style="text-align: center;" align="center"><b>Landasan Sosial-Budaya</b><o:p></o:p></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; text-indent: 0.5in;">Landasan sosial-budaya merupakan landasan yang dapat memberikan pemahaman kepada konselor tentang dimensi kesosialan dan dimensi kebudayaan sebagai faktor yang mempengaruhi terhadap perilaku individu. Seorang individu pada dasarnya merupakan produk lingkungan sosial-budaya dimana ia hidup. Sejak lahirnya, ia sudah dididik dan dibelajarkan untuk mengembangkan pola-pola perilaku sejalan dengan tuntutan sosial-budaya yang ada di sekitarnya. Kegagalan dalam memenuhi tuntutan sosial-budaya dapat mengakibatkan tersingkir dari lingkungannya. Lingkungan sosial-budaya yang melatarbelakangi dan melingkupi individu berbeda-beda sehingga menyebabkan perbedaan pula dalam proses pembentukan perilaku dan kepribadian individu yang bersangkutan. Apabila perbedaan dalam sosial-budaya ini tidak “dijembatani”, maka tidak mustahil akan timbul konflik internal maupun eksternal, yang pada akhirnya dapat menghambat terhadap proses perkembangan pribadi dan perilaku individu yang besangkutan dalam kehidupan pribadi maupun sosialnya.<o:p></o:p></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; text-indent: 0.5in;">Dalam proses konseling akan terjadi komunikasi interpersonal antara konselor dengan klien, yang mungkin antara konselor dan klien memiliki latar sosial dan budaya yang berbeda. Pederson dalam Prayitno (2003) mengemukakan lima macam sumber hambatan yang mungkin timbul dalam komunikasi sosial dan penyesuain diri antar budaya, yaitu : (a) perbedaan bahasa; (b) komunikasi non-verbal; (c) stereotipe; (d) kecenderungan menilai; dan (e) kecemasan. Kurangnya penguasaan bahasa yang digunakan oleh pihak-pihak yang berkomunikasi dapat menimbulkan kesalahpahaman. Bahasa non-verbal pun sering kali memiliki makna yang berbeda-beda, dan bahkan mungkin bertolak belakang. Stereotipe cenderung menyamaratakan sifat-sifat individu atau golongan tertentu berdasarkan prasangka subyektif (social prejudice) yang biasanya tidak tepat. Penilaian terhadap orang lain disamping dapat menghasilkan penilaian positif tetapi tidak sedikit pula menimbulkan reaksi-reaksi negatif. Kecemasan muncul ketika seorang individu memasuki lingkungan budaya lain yang unsur-unsurnya dirasakan asing. Kecemasan yanmg berlebihan dalam kaitannya dengan suasana antar budaya dapat menuju ke culture shock, yang menyebabkan dia tidak tahu sama sekali apa, dimana dan kapan harus berbuat sesuatu. Agar komuniskasi sosial antara konselor dengan klien dapat terjalin harmonis, maka kelima hambatan komunikasi tersebut perlu diantisipasi.<o:p></o:p></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; text-indent: 0.5in;">Terkait dengan layanan bimbingan dan konseling di <st1:country-region st="on"><st1:place st="on">Indonesia</st1:place></st1:country-region>, Moh. Surya (2006) mengetengahkan tentang tren bimbingan dan konseling multikultural, bahwa bimbingan dan konseling dengan pendekatan multikultural sangat tepat untuk lingkungan berbudaya plural seperti <st1:country-region st="on"><st1:place st="on">Indonesia</st1:place></st1:country-region>. Bimbingan dan konseling dilaksanakan dengan landasan semangat bhinneka tunggal ika, yaitu kesamaan di atas keragaman. Layanan bimbingan dan konseling hendaknya lebih berpangkal pada nilai-nilai budaya bangsa yang secara nyata mampu mewujudkan kehidupan yang harmoni dalam kondisi pluralistik.</p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify;"><o:p> </o:p></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify;"><o:p> </o:p></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: center;" align="center"><b>Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)</b><o:p></o:p></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; text-indent: 0.5in;">Layanan bimbingan dan konseling merupakan kegiatan profesional yang memiliki dasar-dasar keilmuan, baik yang menyangkut teori maupun prakteknya. Pengetahuan tentang bimbingan dan konseling disusun secara logis dan sistematis dengan menggunakan berbagai metode, seperti: pengamatan, wawancara, analisis dokumen, prosedur tes, inventory atau analisis laboratoris yang dituangkan dalam bentuk laporan penelitian, buku teks dan tulisan-tulisan ilmiah lainnya.<o:p></o:p></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; text-indent: 0.5in;">Sejak awal dicetuskannya gerakan bimbingan, layanan bimbingan dan konseling telah menekankan pentingnya logika, pemikiran, pertimbangan dan pengolahan lingkungan secara ilmiah (McDaniel dalam Prayitno, 2003).<o:p></o:p></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; text-indent: 0.5in;">Bimbingan dan konseling merupakan ilmu yang bersifat “multireferensial”. Beberapa disiplin ilmu lain telah memberikan sumbangan bagi perkembangan teori dan praktek bimbingan dan konseling, seperti : psikologi, ilmu pendidikan, statistik, evaluasi, biologi, filsafat, sosiologi, antroplogi, ilmu ekonomi, manajemen, ilmu hukum dan agama. Beberapa konsep dari disiplin ilmu tersebut telah diadopsi untuk kepentingan pengembangan bimbingan dan konseling, baik dalam pengembangan teori maupun prakteknya. Pengembangan teori dan pendekatan bimbingan dan konseling selain dihasilkan melalui pemikiran kritis para ahli, juga dihasilkan melalui berbagai bentuk penelitian.<o:p></o:p></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; text-indent: 0.5in;">Sejalan dengan perkembangan teknologi, khususnya teknologi informasi berbasis komputer, sejak tahun 1980-an peranan komputer telah banyak dikembangkan dalam bimbingan dan konseling. Menurut Gausel (Prayitno, 2003) bidang yang telah banyak memanfaatkan jasa komputer ialah bimbingan karier dan bimbingan dan konseling pendidikan. Moh. Surya (2006) mengemukakan bahwa sejalan dengan perkembangan teknologi komputer interaksi antara konselor dengan individu yang dilayaninya (klien) tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi dapat juga dilakukan melalui hubungan secara virtual (maya) melalui internet, dalam bentuk “cyber counseling”. Dikemukakan pula, bahwa perkembangan dalam bidang teknologi komunikasi menuntut kesiapan dan adaptasi konselor dalam penguasaan teknologi dalam melaksanakan bimbingan dan konseling.<o:p></o:p></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; text-indent: 0.5in;">Dengan adanya landasan ilmiah dan teknologi ini, maka peran konselor didalamnya mencakup pula sebagai ilmuwan sebagaimana dikemukakan oleh McDaniel (Prayitno, 2003) bahwa konselor adalah seorang ilmuwan. Sebagai ilmuwan, konselor harus mampu mengembangkan pengetahuan dan teori tentang bimbingan dan konseling, baik berdasarkan hasil pemikiran kritisnya maupun melalui berbagai bentuk kegiatan penelitian.</p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; text-indent: 0.5in;"><o:p> </o:p></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; text-indent: 0.5in;"><o:p> </o:p></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; text-indent: 0.5in;">Berkenaan dengan layanan bimbingan dan konseling dalam konteks <st1:place st="on"><st1:country-region st="on">Indonesia</st1:country-region></st1:place>, Prayitno (2003) memperluas landasan bimbingan dan konseling dengan menambahkan landasan paedagogis, landasan religius dan landasan yuridis-formal.<o:p></o:p></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; text-indent: 0.5in;">Landasan paedagogis dalam layanan bimbingan dan konseling ditinjau dari tiga segi, yaitu: (a) pendidikan sebagai upaya pengembangan individu dan bimbingan merupakan salah satu bentuk kegiatan pendidikan; (b) pendidikan sebagai inti proses bimbingan dan konseling; dan (c) pendidikan lebih lanjut sebagai inti tujuan layanan bimbingan dan konseling.<o:p></o:p></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; text-indent: 0.5in;">Landasan religius dalam layanan bimbingan dan konseling ditekankan pada tiga hal pokok, yaitu : (a) manusia sebagai makhluk Tuhan; (b) sikap yang mendorong perkembangan dari perikehidupan manusia berjalan ke arah dan sesuai dengan kaidah-kaidah agama; dan (c) upaya yang memungkinkan berkembang dan dimanfaatkannya secara optimal suasana dan perangkat budaya (termasuk ilmu pengetahuan dan teknologi) serta kemasyarakatan yang sesuai dengan dan meneguhkan kehidupan beragama untuk membantu perkembangan dan pemecahan masalah. Ditegaskan pula oleh Moh. Surya (2006) bahwa salah satu tren bimbingan dan konseling saat ini adalah bimbingan dan konseling spiritual. Berangkat dari kehidupan modern dengan kehebatan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kemajuan ekonomi yang dialami bangsa-bangsa Barat yang ternyata telah menimbulkan berbagai suasana kehidupan yang tidak memberikan kebahagiaan batiniah dan berkembangnya rasa kehampaan. Dewasa ini sedang berkembang kecenderungan untuk menata kehidupan yang berlandaskan nilai-nilai spiritual. Kondisi ini telah mendorong kecenderungan berkembangnya bimbingan dan konseling yang berlandaskan spiritual atau religi.<o:p></o:p></p> Landasan yuridis-formal berkenaan dengan berbagai peraturan dan perundangan yang berlaku di Indonesia tentang penyelenggaraan bimbingan dan konseling, yang bersumber dari Undang-Undang Dasar, Undang – Undang, Peraturan Pemerintah, Keputusan Menteri serta berbagai aturan dan pedoman lainnya yang mengatur tentang penyelenggaraan bimbingan dan konseling di Indonesia.anak sastrahttp://www.blogger.com/profile/04454225415304002619noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-8719991834766976437.post-80609376590078648952008-04-01T05:59:00.000-07:002008-04-01T06:21:20.175-07:00Permasalahan Silabus Bimbingan Konseling SMP kelas 9Sub Tugas: Mengenal Kemampuan, bakat, minat, serta arah kecendrungan karir dan apresiasi seni.<br />- Memahami Pengaruh Positif Kecendrungan Karir Terhadap Kegiatan Belajar.<br />1. Contoh-contoh pengaruh positif kecenderungan karir terhadap kegiatan belajar<br />2. Cara-cara dan penerapan pengembangan pengaruh positif kecenderungan karir terhadap kegiatan belajar.<br /> Permasalahan yang dapat diambil dari sub tugas diatas adalah bagaimana caranya untuk mengarahkan siswa anak kelas III SMP untuk menyalurkan bakat atau minatnya dalam memilih sekolah menengah ke atas.<br />misalnya:<br />- Anak siswa SMP itu ada yang ingin menjadi seorang guru, maka bagaimana caranya seorang pengajar harus memberikan masukan kepada siswa-siswinya yang berminat menjadi guru untuk melanjutkan ke sekolah menengah atas yang menuju kepada keguruan.<br />- Ada pula anak siswa SMP yang ingin menjadi seorang lokomotif, maka bagaimana seorang pengajar harus memberikan semangat kepada para siswa-siswinya untuk meyakinkan apa yang dia bakati itu adalah karir dia nanti.<br /> Solusinya untuk menyelesaikan masalah-masalah yang timbul pada anak SMP kelas III yaitu:<br />- Seorang pengajar harus bisa mengarahkan atau meyakinkan siswa-siswinya yang mempunyai bakat, bahwa apa yang telah dia miliki itu adalah jalan untuk masa depannya dan untuk memilih salah satu sekolah menengah atas kesesuai dengan bakat yang dimiliki dirinya.<br />- Memberikan semangat kepadanya, supaya apa yang dia minati dan dia bakati menjadi pilihan yang dia ambil untuk karirnya ke depan.anak sastrahttp://www.blogger.com/profile/04454225415304002619noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-8719991834766976437.post-6575166258064238972008-03-25T01:17:00.000-07:002008-03-25T01:18:43.026-07:00Silabus Bimbingan Konseling<p style="margin-bottom: 0in; line-height: 150%;" align="center"><b><span style="font-family:Arial, sans-serif;">SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING </span></b> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">Tahun Pelajaran : 2006 - 2007</span></p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">Sekolah<span style="color:#0000ff;"> : </span>SMA Negeri 60 Jakarta<span style="color:#0000ff;"> </span>Kelas <span style="color:#0000ff;">: </span><b>XII<span style="color:#ffcc00;"> </span></b><span style="color:#0000ff;"> </span> Semester<b><span style="color:#ffcc00;">: </span>5</b></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size: 11pt;font-size:85%;" ><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><u>Sub Tugas Perkembangan</u> :</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;"><span style="font-size: 11pt;font-size:85%;" >Pemantapan sikap dan kebiasaan serta pengembangan wawasan dalam beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /></p> <table border="1" border cellpadding="7" cellspacing="0" width="932" style="color:#000000;"> <col width="4"> <col width="130"> <col width="146"> <col width="262"> <col width="66"> <col width="82"> <col width="63"> <col width="64"> <tbody><tr valign="top"> <td rowspan="2" colspan="2" width="148"> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size: 9pt;font-size:85%;" >BIDANG</span></span></p> <p align="center"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size: 9pt;font-size:85%;" >BIMBINGAN</span></span></p> </td> <td rowspan="2" width="146"> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size: 9pt;font-size:85%;" >KOMPETENSI </span></span> </p> <p align="center"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size: 9pt;font-size:85%;" >YANG DIHARAPKAN</span></span></p> </td> <td rowspan="2" width="262"> <p align="center"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size: 9pt;font-size:85%;" >MATERI PELAYANAN BK</span></span></p> </td> <td colspan="3" width="239"> <p align="center"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size: 9pt;font-size:85%;" >KEGIATAN</span></span></p> </td> <td rowspan="2" width="64"> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size: 9pt;font-size:85%;" >KETERA</span></span></p> <p align="center"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size: 9pt;font-size:85%;" >NGAN</span></span></p> </td> </tr> <tr valign="top"> <td width="66"> <p align="center"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size: 9pt;font-size:85%;" >LAYANAN</span></span></p> </td> <td width="82"> <p align="center"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size: 9pt;font-size:85%;" >PENDUKUNG</span></span></p> </td> <td width="63"> <p align="center"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size: 9pt;font-size:85%;" >PENILAIAN</span></span></p> </td> </tr> <tr valign="top"> <td colspan="2" width="148"> <p align="center"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size: 9pt;font-size:85%;" >1</span></span></p> </td> <td width="146"> <p align="center"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size: 9pt;font-size:85%;" >2</span></span></p> </td> <td width="262"> <p align="center"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size: 9pt;font-size:85%;" >3</span></span></p> </td> <td width="66"> <p align="center"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size: 9pt;font-size:85%;" >4</span></span></p> </td> <td width="82"> <p align="center"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size: 9pt;font-size:85%;" >5</span></span></p> </td> <td width="63"> <p align="center"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size: 9pt;font-size:85%;" >6</span></span></p> </td> <td width="64"> <p align="center"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size: 9pt;font-size:85%;" >7</span></span></p> </td> </tr> <tr valign="top"> <td width="4"> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p align="center"><br /> </p> </td> <td width="130"> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><u><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;">Pribadi</span></u><span style="font-family:Arial, sans-serif;"> :</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">1.Pemantapan sikap dan kebiasaan serta pengembangan wawasan dalam beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">2.Pemantapan pemahaman tentang kekuatan diri dan pengembangannya untuk kegiatan yang kreatif dan produktif, baikdalam </span></span> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">kehidupan sehari- hari maupun untuk perannya di masa depan</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;"><u>Sosial</u> :</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">Aspek- aspek dalam kehidupan beragama</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;"><span style="font-size:85%;"><u>Belajar:</u></span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">Usaha berfikir dan meng- optimalkan fungsi pikir akan mendatangkan pahala</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;"><u>Karier</u>:</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">Aspek-aspek bekerja dan pengembangan karier dalam kehidupan beragama</span></span></p> <p><br /> </p> </td> <td width="146"> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">1.Memiliki keyakinan dan ketagwaan sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya </span></span> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">1.1. Memahami diri sendiri dan eksistensi diri manusia sebagai machluk Tuhan</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">1.2. Mensinergikan dzikir, fikir dan ikhtiar</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">2.Memiliki dasar humaniora untuk menerapkan kebersamaan dalam kehidupan</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">2.1. Menyadari tugas dan kewajibannya sebagai mahluk Tuhan YME</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">2.2. Membangkitkan rasa spiritual dan rasa bertanggungjawab untuk memikirkan peran sendiri dalam kehidupan ini</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">2.3. Meningkatkan kecerdasan spiritual dengan menyadari dan mensyukuri kelebihan dan kekurangan setiap individu</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">2.4. Menghiasi diri dengan sifat-sifat unggul</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;" align="center"><br /> </p> <p align="center"><br /> </p> </td> <td width="262"> <ol><li><p style="margin-bottom: 0in;"><b><u><span style="font-size:130%;"><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;">ESQ Mendasari Perencanaan Masa Depan</span></span></u></b></p> </li></ol> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <ol><ol><li><p style="margin-bottom: 0in;" align="justify"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">Kesuksesan individu dalam kariernya,</span></span></p> </li></ol></ol> <p style="margin-bottom: 0in;" align="justify"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">akan diawali adanya suatu perencanaan masa depan yang didasari adanya kecerdasan emotional dan sprititual (esq). Dan individu dikatakan sukses , bilamana yang bersangkutan berguna baik bagi dirinya maupun bagi orang lain Kesuksesan yang dimaksud meliputi; akademis dan non akademis, talenta dan pengalaman Pemahaman EQ (Emotional Quotient)</span></span></p> <p style="margin-left: 0.25in; margin-bottom: 0in;" align="justify"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">* Sukses akademis ; mampu menyelesaikan studi lanjut S1,S2,S3 hasil karyanya dapat bermanfaat dan diakui bagi orang lain (dokter, guru, desainer.dll)</span></span></p> <p style="margin-left: 0.25in; margin-bottom: 0in;" align="justify"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">* Sukses non akademis ; hasil karyanya yang diperoleh dari pengembangan diri tanpa melalui jenjang perguruan tinggi, dapat dipergunakan dan diakui manfaatnya oleh orang lain (penjahit, kapster,dll.)</span></span></p> <p style="margin-left: 0.25in; margin-bottom: 0in;" align="justify"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">* Sukses talenta ; keberhasilannya dari pengembangan bakat yang dimiliki (penyanyi, pegulat, dll)</span></span></p> <p style="margin-left: 0.25in; margin-bottom: 0in;" align="justify"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">* Sukses pengalaman ; keberhasilan yang diperoleh dari kerja keras dan usaha yang sungguh-sungguh.</span></span></p> <p style="margin-left: 0.25in; margin-bottom: 0in;" align="justify"><br /> </p> <ol><ol><li><p style="margin-bottom: 0in;" align="justify"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">Dimensi IQ, EQ, SQ pada satu garis orbit God Spot</span></span></p> </li></ol></ol> <p style="margin-left: 0.26in; margin-bottom: 0in;" align="justify"> </p> <p style="margin-left: 0.26in; margin-bottom: 0in;" align="justify"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">Setiap individu secara garis besar memiliki kemampuan intelektual, emosi dan spiritual</span></span></p> <ul><li><p style="margin-bottom: 0in;" align="justify"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">Kecerdasan Intelektual ; kemampuan individu untuk berpikir dan bertindak secara terarah serta efektiv dalam mengolah dan menguasai lingkungan dengan menggunakan akal logika.</span></span></p> </li><li><p style="margin-bottom: 0in;" align="justify"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">Kecerdasan Emosi ; kemampuan memotivasi diri dan bertahan menghadapi frustasi serta mampu mengendalikan dorongan hati, mengatur serta memelihara suasana hati </span></span> </p> </li><li><p style="margin-bottom: 0in;" align="justify"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">Kecerdasan Spiritual ; kemampuan individu dalam menjalin hubungan dengan Tuhannya, mampu berpikir kreatif, berwawasan jernih dan berisikan suara hati</span></span></p> </li></ul> <p style="margin-left: 0.26in; margin-bottom: 0in;" align="justify"><br /> </p> <p style="margin-left: 0.26in; margin-bottom: 0in;" align="justify"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">ESQ (Emotional Spiritual Quotient) adalah mekanisme me “manage” ketiga dimensi Inteltual, Emotional dan Spiritual.</span></span></p> <p style="margin-left: 0.26in; margin-bottom: 0in;" align="justify"><br /> </p> <p style="margin-left: 0.26in; margin-bottom: 0in;" align="justify"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">Tugas 1:</span></span></p> <p style="margin-left: 0.26in; margin-bottom: 0in;" align="justify"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">Siswa diberikan tugas , menuliskan kunci kata hati ; 10 sifat positp dan 10 sifat negatip dan tanggapan</span></span></p> <p style="margin-left: 0.26in; margin-bottom: 0in;" align="justify"><br /> </p> <p style="margin-left: 0.26in; margin-bottom: 0in;" align="justify"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">Tugas 2 :</span></span></p> <p style="margin-left: 0.26in; margin-bottom: 0in;" align="justify"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">Siswa diberikan tugas menilai diri sendiri secara jujur , bila mencapai 100 berarti memiliki SQ yang luar biasa.</span></span></p> <p style="margin-left: 0.26in; margin-bottom: 0in;" align="justify"><br /> </p> <p style="margin-left: 0.75in; margin-bottom: 0in;" align="justify"><br /> </p> <ol><ol start="2"><li><p style="margin-bottom: 0in;" align="justify"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">ESQ Sebagai Dasar Perencanaan Masa Depan</span></span></p> </li></ol></ol> <p style="margin-left: 0.26in; margin-bottom: 0in;" align="justify"><br /> </p> <p style="margin-left: 0.26in; margin-bottom: 0in;" align="justify"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">ESQ diperlukan oleh setiap individu agar dapat bertindak arif –bijaksana , dapat menyikapi segala sesuatu dengan lebih jernih dan cenderung mengisi kehidupan dengan bermakna.</span></span></p> <p style="margin-left: 0.26in; margin-bottom: 0in;" align="justify"><br /> </p> <p style="margin-left: 0.26in; margin-bottom: 0in;" align="justify"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">Tugas 3 :</span></span></p> <p style="margin-left: 0.26in; margin-bottom: 0in;" align="justify"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">Siswa diberikan tugas meneliti barometer suasana hati dengan aplikasi dan realitas yang terdapat pada diri sendiri.</span></span></p> <p style="margin-left: 0.26in; margin-bottom: 0in;" align="justify"><br /> </p> <p style="margin-left: 0.26in; margin-bottom: 0in;" align="justify"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">Kecakapan hidup yang dapat</span></span></p> <p style="margin-left: 0.26in; margin-bottom: 0in;" align="justify"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">dikembangkan pada kegiatan ini, adalah : </span></span> </p> <ul><li><p style="margin-bottom: 0in;" align="justify"><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">Pengembangan eksistensi diri sebagai machluk Tuhan, sosial dan lingkungan</span></span></p> </li><li><p style="margin-bottom: 0in;" align="justify"><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">Kesadaran potensi diri dan dorongan untuk mengembangkannya.</span></span></p> </li></ul> <p style="margin-left: 0.26in; margin-bottom: 0in;" align="justify"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"> </p> <p><br /> </p> </td> <td width="66"> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">1. </span></span> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">Informasi</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">2. Orientasi </span></span> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">3. Pembelajaran</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">4. Konseling </span></span> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">Kelompok</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">5. Konseling </span></span> </p> <p><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">Individu</span></span></p> </td> <td width="82"> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">1.</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"> <span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;">APIN</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;">(Aplikasi Instrumentasi Bimbingan)</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">Non Tes</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">2.</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">Alih Tangan Kasus</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><b><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><u>Non Tes</u>:</span></span></b></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">1) </span></span> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">format isian 10 sifat positif dan 10 sifat negativ yang dimliki serta tanggapan</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">2) </span></span> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">format isian penilaian diri sendiri</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">3) </span></span> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">format </span></span> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">Tes SQ, dorongan Suara Hati</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">2</span><u><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;">. </span></u></span> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;"><span style="font-size:85%;"><u>Alih Tangan kasus</u></span></span></p> <p><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">(bagi siswa yang memerlukan memperoleh pelatihan ESQ secara pribadi maupun kelompok)</span></span></p> </td> <td width="63"> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">1. </span></span> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;"><span style="font-size:85%;"><u>Laiseg</u></span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">(</span><u><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;">Penilaian segera)</span></u></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">2. </span><u><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;">Laijapen</span></u></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">(</span><u><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;">Penilaian</span></u><span style="font-family:Arial, sans-serif;"> </span><u><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;">jangka pendek)</span></u></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">3. </span><u><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;">Laijapang</span></u></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;"><span style="font-size:85%;"><u>(Penilaian jangka panjang)</u></span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">1. </span></span> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;"><span style="font-size:85%;"><u>Laiseg</u></span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">(</span><u><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;">Penilaian segera)</span></u></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">mengetahui kunci kata hati ; 10 sifat positif –negatif </span></span> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">2. </span><u><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;">Laijapen</span></u></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">(</span><u><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;">Penilaian</span></u><span style="font-family:Arial, sans-serif;"> </span><u><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;">jangka pendek)</span></u></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">penlaian diri sendiri secara jujur, bila perolehan nilai 100, siswa memiliki SQ yang luar biasa</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">3. </span><u><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;">Laijapang</span></u></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;"><span style="font-size:85%;"><u>(Penilaian jangka panjang)</u></span></span></p> <p><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">siswa ada pada satu garis orbit, dimensi spiritual bersifat universal</span></span></p> </td> <td width="64"> <p style="margin-left: 0in; margin-bottom: 0in;"><u><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;">1.Alokasi waktu: </span></span></u> </p> <p style="margin-left: 0in; margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">awal tahun pelajaran (Juli / Agustus 2006</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">2. </span><u><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;">Sumber Belajar </span></u></span> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">a)</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">Buku Modul BK kelas kelas III ’03, kelas XII ’04 , kelas XII ‘06</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">b)</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">Internet mailinglist ESQ L.C.</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">c)</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">Pelatihan ESQ.</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">d)</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">Seminar ESQ Learning Super Memory</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">3</span><u><span style="font-family:Lucida Sans, sans-serif;">. Kerjasama</span></u><span style="font-family:Arial, sans-serif;">:</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">a) </span></span> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">GP/ Konselor lainnya</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">b) </span></span> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">Guru Agama</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">Rohis dan Rokris</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">c) </span></span> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">Wakasek Sarana Prasarana</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">d) </span></span> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">Wakasek Kesiswaan</span></span></p> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /> </p> <p style="margin-bottom: 0in;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;"><span style="font-size:85%;">e) </span></span> </p> <p><span style="font-size:85%;"><span style="font-family:Arial, sans-serif;">Mengundang pakar ESQ khusus untuk remaja</span></span></p> </td> </tr> </tbody></table> <p style="margin-bottom: 0in;"><br /></p>anak sastrahttp://www.blogger.com/profile/04454225415304002619noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-8719991834766976437.post-27947738804219667512008-03-18T01:32:00.000-07:002008-06-17T20:48:58.845-07:00Silabus Bimbingan KonselingSILABUS PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING<br />Tahun Pelajaran : 2006 - 2007<br /><br />Sekolah : SMA Negeri 60 Jakarta Kelas : XII Semester: 5<br /><br />Sub Tugas Perkembangan :<br />Pemantapan sikap dan kebiasaan serta pengembangan wawasan dalam beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa<br /> KEGIATAN <br /> <br /> LAYANAN PENDUKUNG PENILAIAN <br />1 2 3 4 5 6 7 <br /><br /> Pribadi :<br /><br />1.Pemantapan sikap dan kebiasaan serta pengembangan wawasan dalam beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa<br /><br />2.Pemantapan pemahaman tentang kekuatan diri dan pengembangannya untuk kegiatan yang kreatif dan produktif, baikdalam<br />kehidupan sehari- hari maupun untuk perannya di masa depan<br /><br /><br />Sosial :<br />Aspek- aspek dalam kehidupan beragama<br /><br />Belajar:<br />Usaha berfikir dan meng- optimalkan fungsi pikir akan mendatangkan pahaKarier:<br />Aspek-aspek bekerja dan pengembangan karier dalam kehidupan beragama<br /> 1.Memiliki keyakinan dan ketagwaan sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya<br /><br />1.1. Memahami diri sendiri dan eksistensi diri manusia sebagai machluk Tuhan<br />1.2. Mensinergikan dzikir, fikir dan ikhtiar<br /><br />2.Memiliki dasar humaniora untuk menerapkan kebersamaan dalam kehidupan<br /><br />2.1. Menyadari tugas dan kewajibannya sebagai mahluk Tuhan YME<br />2.2. Membangkitkan rasa spiritual dan rasa bertanggungjawab untuk memikirkan peran sendiri dalam kehidupan ini<br />2.3. Meningkatkan kecerdasan spiritual dengan menyadari dan mensyukuri kelebihan dan kekurangan setiap individu<br />2.4. Menghiasi diri dengan sifat-sifat unggul<br /><br /><br /> 1. ESQ Mendasari Perencanaan Masa Depan<br /><br />1.1. Kesuksesan individu dalam kariernya,<br />akan diawali adanya suatu perencanaan masa depan yang didasari adanya kecerdasan emotional dan sprititual (esq). Dan individu dikatakan sukses , bilamana yang bersangkutan berguna baik bagi dirinya maupun bagi orang lain Kesuksesan yang dimaksud meliputi; akademis dan non akademis, talenta dan pengalaman Pemahaman EQ (Emotional Quotient)<br />* Sukses akademis ; mampu menyelesaikan studi lanjut S1,S2,S3 hasil karyanya dapat bermanfaat dan diakui bagi orang lain (dokter, guru, desainer.dll)<br />* Sukses non akademis ; hasil karyanya yang diperoleh dari pengembangan diri tanpa melalui jenjang perguruan tinggi, dapat dipergunakan dan diakui manfaatnya oleh orang lain (penjahit, kapster,dll.)<br />* Sukses talenta ; keberhasilannya dari pengembangan bakat yang dimiliki (penyanyi, pegulat, dll)<br />* Sukses pengalaman ; keberhasilan yang diperoleh dari kerja keras dan usaha yang sungguh-sungguh.<br /><br />A. Dimensi IQ, EQ, SQ pada satu garis orbit God Spot<br /> <br />Setiap individu secara garis besar memiliki kemampuan intelektual, emosi dan spiritual<br />·8 Kecerdasan Intelektual ; kemampuan individu untuk berpikir dan bertindak secara terarah serta efektiv dalam mengolah dan menguasai lingkungan dengan menggunakan akal logika.<br />·9 Kecerdasan Emosi ; kemampuan memotivasi diri dan bertahan menghadapi frustasi serta mampu mengendalikan dorongan hati, mengatur serta memelihara suasana hati<br />·10 Kecerdasan Spiritual ; kemampuan individu dalam menjalin hubungan dengan Tuhannya, mampu berpikir kreatif, berwawasan jernih dan berisikan suara hati<br /><br />ESQ (Emotional Spiritual Quotient) adalah mekanisme me “manage” ketiga dimensi Inteltual, Emotional dan Spiritual.<br /><br />Tugas 1:<br />Siswa diberikan tugas , menuliskan kunci kata hati ; 10 sifat positp dan 10 sifat negatip dan tanggapan<br /><br />Tugas 2 :<br />Siswa diberikan tugas menilai diri sendiri secara jujur , bila mencapai 100 berarti memiliki SQ yang luar biasa.<br /><br /><br />B. ESQ Sebagai Dasar Perencanaan Masa Depan<br /><br />ESQ diperlukan oleh setiap individu agar dapat bertindak arif –bijaksana , dapat menyikapi segala sesuatu dengan lebih jernih dan cenderung mengisi kehidupan dengan bermakna.<br /><br />Tugas 3 :<br />Siswa diberikan tugas meneliti barometer suasana hati dengan aplikasi dan realitas yang terdapat pada diri sendiri.<br /><br />Kecakapan hidup yang dapat<br />dikembangkan pada kegiatan ini, adalah :<br />·11 Pengembangan eksistensi diri sebagai machluk Tuhan, sosial dan lingkungan<br />·12 Kesadaran potensi diri dan dorongan untuk mengembangkannya.<br /><br /> <br />1. Informasi<br /><br />2. Orientasi<br /><br />3. Pembelajaran<br /><br />4. Konseling<br />Kelompok<br /><br />5. Konseling<br />Individu <br /><br />1. APIN<br />(Aplikasi Instrumentasi Bimbingan)<br /><br />Non Tes<br /><br />2. Alih Tangan Kasus<br /><br />Non Tes:<br />1) format isian 10 sifat positif dan 10 sifat negativ yang dimliki serta tanggapan<br /><br />2) format isian penilaian diri sendiri<br /><br />3) format<br /><br />Tes SQ, dorongan Suara Hati<br />1. Alih Tangan kasus<br />(bagi siswa yang memerlukan memperoleh pelatihan ESQ secara pribadi maupun kelompok) 1.<br />2. Laiseg<br />(Penilaian segera)<br /><br />3. Laijapen<br />(Penilaian jangka pendek)<br /><br />4. Laijapang<br />(Penilaian jangka panjang)<br /><br />1.<br />Laiseg<br />(Penilaian segera)<br />mengetahui kunci kata hati ; 10 sifat positif –negatif<br />2. Laijapen<br />(Penilaian jangka pendek)<br />penlaian diri sendiri secara jujur, bila perolehan nilai 100, siswa memiliki SQ yang luar biasa<br />3. Laijapang<br />(Penilaian jangka panjang)<br />siswa ada pada satu garis orbit, dimensi spiritual bersifat universal 1.Alokasi waktu:<br /><br />awal tahun pelajaran (Juli / Agustus 2006<br /><br />2. Sumber Belajar<br /><br />a)<br />Buku Modul BK kelas kelas III ’03, kelas XII ’04 , kelas XII ‘06<br /><br />b)<br />Internet mailinglist ESQ L.C.<br /><br />c)<br />Pelatihan ESQ.<br /><br />d)<br />Seminar ESQ Learning Super Memory<br /><br />3. Kerjasama:<br /><br />a)<br />GP/ Konselor lainnya<br /><br />b)<br />Guru Agama<br />Rohis dan Rokris<br /><br />c)<br />Wakasek Sarana Prasarana<br /><br />d)<br />Wakasek Kesiswaan<br /><br />e)<br />Mengundang pakar ESQ khusus untuk remaja <br /><br /><br /><br />Sub Tugas Perkembangan :<br />Mengembangkan penguasaan ilmu , teknologi dan kesenian sesuai dengan program kurikulum, persiapan karier dan melanjutkan pendidikan tinggi, serta berperan dalam masyarakat yang lebih luas.<br /><br /><br />1 2 3 4 5 6 7 <br /><br /><br /> Pribadi :<br /><br />Pengembangan kemampuan mengenali dan mengarahkan diri sesuai dengan keputusan yang telah diambilnya<br /><br />Belajar:<br />1. Pemantapan kebiasaan disiplin belajar sebagai pengembangan kemampuan akademik/ kognisi dan berlatih/ psikomotor, baik secara mandiri maupun berkelompok<br /><br /><br />2. Pemantapan penguasaan materi program belajar di SMA sesuai dengan perkembangan ilmu, teknologi dan kesenian.<br /><br />Karier :<br /><br />1.Pemantapan pemahaman diri berkenaan dengan kecenderungan karier yang hendak dikembangkan<br />2.Orientasi dan informasi terhadap dunia kerja dan usaha memperoleh penghasilan untu memenuhi kebutuhan hidup<br /><br />Sosial:<br />1. Orientasi tentang hidup berkeluarga<br />2. Pemantapan kemampuan bersikap dalam berhubungan sosial, baik di rumah, di sekolah ; pada guru dan nara sumber lainnya, ditempat latihan/ kerja/ unit produksi maupun di masyarakat luas dengan menjunjung tinggi tata krama, sopan santun, serta nilai-nilai adat-istiadat, hukum, ilmu, dan kebiasaan yang berlaku 1. Menguasai pengetahuan dan keterampilan akademik/ psikomotor, berkarya dan mengalihgunakan ilmu, teknologi dan seni untuk hidup di masyarakat lokal, nasional, regional dan internasional<br /><br />1.1. Paradigma belajar sepanjang hayat dan sejagat hayat<br /><br />1.2. Usaha berpikir dan mengoptimalkan fungsi pikir akan mencapai meta kecerdasan<br /><br />1.3. Memahami kecenderungan karir yang hendak dikembangkan<br /><br />1.4. Memiliki orientasi dan informasi karir pada umumnya, khususnya karir yang hendak dikembangkan 2. Perencanaan Karier<br /> <br /> Setelah lulus SMA ? diperlukan usaha yang sungguh-sungguh untuk mencapainya, diperlukan perencanaan “Kemana setelah lulus SMA ?”<br /> Ada 4 alternatif pilihan:<br />(A) Melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi, (B) Mengikuti kursus / pelatihan, (C) Memasuki dunia kerja, (D) Memasuki kehidupan berkeluarga<br /><br />(A) Merencanakan Kelanjutan Studi ke Jenjang Pendidikan Tinggi<br /><br /> Didalam agama dikatakan ; setiap insan “belajar sepanjang hayat”; Usaha berpikir dan mengoptimalkan fungsi pikir mendatangkan pahala. Kemiskinan sangat beresiko besar kepada kekufuran (melemahnya / hilangnya keimanan). Mengandung “makna” bahwa setiap insan wajib menuntut ilmu, harus memiliki dorongan untuk mengembangkan kesadaran potensi diri.<br /><br /> Beberapa informasi mengenai perguruan tinggi sbb:<br /><br />1. Status dan Akreditasi Perguruan Tinggi :<br />a) Status Terdaftar ; Diakui atau Disamakan diberikan kepada program studi perguruan tingi swasta<br />b) Status Terakreditasi ; Diakui atau Nir-Akreditasi , diberikan kepada semua perguruan tinggi<br /><br />2. Jalur dan Jenjang Pendidikan di Perguruan Tinggi<br />a) Jalur Akademik (biasanya disebut jenjang Sarjana / S1), lebih menekankan pada penguasaan ilmu pengetahuan serta pengembangannya<br />b) Jalur Profesional (sering disebut jenjang diploma) , lebih menekankan pada penerapan keahlian tertentu<br /><br />3. Jenis Perguruan Tinggi<br />a) Universitas ; Sifatnya umum, terdiri dari berbagai fakultas- fakultas dan jurusan-jurusan . Menyelenggarakan program pendidikan akademik dan/atau profesional dalam sejumlah disiplin ilmu pengetahuan tertentu<br />b) Institut ; Sifatnya lebih khusus terdiri dari fakultas- fakultas dan jurusan yang menghasilkan keahlian sejenis. Menyelenggarakan program pendidikan akademik (sarjana) dan/atau profesional (diploma) dalam kelompok ilmu pengetahuan sejenis<br />c) Sekolah Tinggi ; Mempunyai kekhususan satu bidang keahlian.Menyelenggarakan program pendidikan akademik (sarjana) dan/atau profesional (diploma) dalam lingkup satu disiplin ilmu tertentu<br />d) Akademi ; Bersifat non gelar. Menyelenggarakan program pendidikan profesional (diploma) dalam satu atau sebagian cabang ilmu pengetahuan tertentu<br />e) Politeknik ; Bersifat non gelar .<br />Menyelenggarakan program pendidikan profesional (diploma) dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus.<br /><br /><br />4. Sistem Penerimaan Mahasiswa<br />a) Secara non tes ; melalui PMDK (Penelusuran Minat dan Bakat) , PPKB (Program Pemerataan Kesempatan Belajar) , PSSB (Program Seleksi Siswa Berpotensi) , PBUD (Penelusuran Bibit Unggul Daerah) dsb.nya.<br />b) Secara Tes / Ujian Tulis , melalui SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru)<br /><br />5. Sistem Belajar Di Perguruan Tinggi<br />Dikenal dengan sistem kredit semester / SKS . Jumlah SKS pada setiap jenjang pendidikan berbeda<br /><br />Tugas 1:<br /> Siswa berdiskusi (4-5 orang). Mengumpulkan informasi ; jurusan, mata kuliah, jenjang studi / strata serta prospek masa depan.Dan mempresentasikan di depan kelas dengan OHP atau LCD dsb.nya.<br /><br />Tugas 2 :<br /> Sisw memilih 3 jurusan kelanjutan studi yang diminati.<br /> <br />6. Perguruan Tinggi Kedinasan<br />Perguruan Tinggi dibawah departemen selain Departemen Pendidikan Nasional<br />Tugas 3 :<br />Siswa berdiskusi (4-5 orang) . Mengumpulkan informasi perguruan tinggi kedinasam; tempat alamat, syarat pendaftaran, mata kuliah yang dipelajari dan prospek masa depan . Dan mempresentasikan di depan kelas dengan OHP atau LCD dsb.nya.<br /><br />Tugas 4 :<br />Siswa menuliskan pilihan perguruan tinggi kedinasan dan kemungkinan hambatan yang dihadapi bagi yang berminat<br /><br />7. Studi Ke Luar Negeri<br />Sudah lumrah bagi yang berminat dan memiliki dukungan mewujudkannya. Ada beberapa hambatan a.l.:<br />a) Bahasa b) Biaya Pendidikan , c) Program Keahlian Yang Dipilih<br /><br />Tugas 5 :<br />Siswa berdiskusi (4-5 orang) . Mengumpulkan informasi perguruan tinggi diluar negeri melalui media cetak, elektronik, internet maupun pameran pendidikan atau datang ke kedutaan negara asing; Dan tuliskan hasil diskusi menurut opini masing-masing<br /><br />(B). Mengikuti Kursus / Pelatihan<br /> Diawali dengan meningkatkan kecakapan hidup untuk dapat dijadikan modal bekerja / berwiraswasta dengan memasuki kursus keterampilan / pelatihan dan dipilih sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki<br /><br /><br />Tugas 6 :<br />Siswa berdiskusi (4-5 orang) . Mengumpulkan informasi tempat alamat, fasilitas yang ada dan prospek masa depan Dan mempresentasikan di depan kelas dengan OHP atau LCD dsb.nya.<br /><br />Tugas 7 :<br />Siswa menuliskan dua jenis kursus keterampilan yang diminati<br /><br />(C). Memasuki Dunia Kerja<br /> Bekerja merupakan kebutuhan manusia agar keadaan dirinya lebih baik dan nyaman dalam menjalani kehidupannya dengan memperoleh sumber penghasilan. Tidak semua siswa melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi, karena adanya berbagai alasan, maka dunia kerja menjadi pilihan.<br /> Tahapan untuk memasuki dunia kerja, al:<br />1) mencari lowongan<br />a).mendaftar ke Depnaker<br />b).membaca koran, lihat iklan lowongan kerja/ media cetak<br />c).bergaul dengan orang yang sudah bekerja untuk menumbuhkan motivasi kuat mencari kerja<br />d).melihat informasi melalui media elektronik (TV, Internet,dll.)<br />e).mengunjungi pameran bursa kerja<br />f).memantapkan rasa percaya diri dan mempromosikan kemampuan yang dimiliki<br />ditindak lanjuti dengan mempersiapkan berkas persyaratan yang diminta<br />a).fotokopi STTB<br />b).fotokopi KTP<br />c).surat lamaran dan riwayat hidup<br />2) mengikuti seleksi<br />a).administrasi, b) akademis, c) psikotes<br /> d).wawancara, e).kesehatan<br /><br />Tugas 8 :<br />Siswa berdiskusi (4-5 orang) . Mengumpulkan informasi lengkap dengan persyaratan yang diminta (dalam bentuk kliping) Dan mempresentasikan di depan kelas dengan OHP atau LCD dsb.nya.<br /><br />Tugas 9 :<br />Siswa melakukan wawancara dengan orang yang berwiraswasta disekitar lingkungan tempat tinggal.<br /><br />Tip menghadapi tes wawancara :<br /><br />(D) Memasuki Kehidupan Berkeluarga<br />Menikah merupakan salah satu alternatif pilihan setelah lulus SMA, namun perlu dipertimbangkan kembali kemungkinan banyaknya hambatan dan tantangan.<br /><br />Tugas 10 :<br />Siswa diminta menuliskan opini mengenai perkawinan diusia dini<br /><br />Tugas 11 :<br />Siswa diminta menuliskan tiga (3) pilihan cita-cita / karier<br /><br />Kecakapan hidup yang dapat dikembangkan pada kegiatan ini adalah :<br />Pengembangan berfikir dan bernalar, penggalian dan pengolahan informasi secara cerdas. 1.<br />Orientasi<br /><br />2. Informasi<br /><br />3.Pembelajaran<br /><br />4.Penempatan dan Penyaluran<br /><br />5.Konseling ndividuanak sastrahttp://www.blogger.com/profile/04454225415304002619noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-8719991834766976437.post-14990036487941223412008-03-10T20:09:00.000-07:002008-03-10T20:11:40.312-07:00Perkembangan RemajaPerkembangan masa remaja<br />Masalah remaja adalah masa datangnya pubertas (sebelas sampai empat belas tahun) sampai usia sekitar delapan belas-masa tranisisi dari kanak-kanak ke dewasa. Masa ini hampir selalu merupakan masa-masa sulit bagi remaja maupun orang tuanya. Ada sejumlah alasan untuk ini:<br />Remaja mulai menyampaikan kebebasanya dan haknya untuk mengemukakan pendapatnya sendiri. Tidak terhindarkan, ini bisa menciptakan ketegangan dan perselisihan, dan bisa menjauhkan ia dari keluarganya.<br />Ia lebih mudah dipengaruhi teman-temannya dari pada ketika masih lebih muda. Ini berarti pengaruh orang tua pun melemah. Anak remaja berperilaku dan mempunyai kesenangan yang berbeda bahkan bertentangan dengan perilaku dan kesenangan keluarga. Contoh-contoh yang umum adalah mode pakaian, potongan rambut atau musik, yang semuanya harus mutakhir.<br />Remaja mengalami perubahan fisik yang luar biasa, baik pertumbuhannya maupun seksualitasnya. Perasaan seksual yang mulai muncul bisa menakutkan, membingungkan dan menjadi sumber perasaan salah dan frustasi.<br />Remaja sering menjadi terlalu percaya diri dan ini bersama-sama dengan emosinya yang biasanya meningkat, mengakibatkan ia sukar menerima nasihat orang tua.<br />Ada sejumlah kesulitan yang sering dialami kaum remaja yang betapapun menjemukan bagi mereka dan orang tua mereka, merupakan bagian yang normal dari perkembangan ini.<br />Beberapa kesulitan atau bahaya yang mungkin dialami kaum remaja, antara lain :<br />Variasi kondisi kejiwaan, suatu saat mungkin ia terlihat pendiam, cemberut, dan mengasingkan diri tetapi pada saat yang lain ia terlihat sebaliknya-periang berseri-seri dan yakin. Perilaku yang sukar ditebak dan berubah-ubah ini bukanlah abnormal. Itu hanya perlu diprihatinkan bila ia terjerumus dalam kesulitan, kesulitan di sekolah atau kesulitan dengan teman-temannya.<br />Rasa ingin tahu seksual dan coba-coba, hal ini normal dan sehat. Rasa ingin tahu seksual dan bangkitnya birahi adalah normal dan sehat. Ingat, bahwa perilaku tertarik pada seks sendiri juga merupakan ciri yang normal pada perkembangan masa remaja. Rasa ingin tahu seksual dan birahi jelas menimbulkan bentuk-bentuk perilaku seksual.<br />Membolos<br />Perilaku anti sosial, seperti suka mengganggu, berbohong, kejam dan agresif. Sebabnya mungkin bermacam-macam dan banyak tergantung pada budayanya. Akan tetapi, penyebab yang mendasar adalah pengaruh buruk teman, dan kedisiplinan yang salah dari orang tua terutama bila terlalu keras atau terlalu lunak-dan sering tidak ada sama sekali<br />Penyalahgunaan obat bius<br />Psikosis, bentuk psikosis yang paling dikenal orang adalah skizofrenia.<br />Apa yang harus anda lakukan bila anda merasa cemas terhadap anak remaja anda<br />Langkah pertama adalah bertanya kepada diri sendiri apakah perilaku yang mencemaskan itu adalah perilaku yang normal pada anak remaja. Misalnya adalah pemurung, suka melawan, lebih senang sendiri atau bersama teman-temannya dari pada bersama anda. Anak remaja anda ingin menunjukan bahwa ia berbeda dengan anda. Hal ini dilakukan dengan berpakaian menurut mode mutakhir, begitu pula dengan kesenanganya pada potongan rambut dan musik. Semua itu sangat normal, asal perilaku tersebut tidak membahayakan, anda tidak perlu prihatin.<br />Tindakan selanjutnya adalah menetapkan batas dan mempertahankannya. Menetapkan batas itu sangatlah penting, tetapi batas-batas itu haruslah cukup lebar untuk memungkinkan eksplorasi yang sehat.<br />Bila perilaku anak anda membahayakan atau melampaui batas-batas yang anda harapkan, langkah berikutnya adalah memahami apa yang tidak beres.<br />Depresi dan perilaku yang membahayakan diri selalu merupakan respon terhadap stres yang tidak dapat diatasinya.<br />Anak remaja yang berperilaku atau suka membolos seringkali akibat meniru dan mengikuti teman-temannya, dan merupakan respon dari sikap orang tua yang terlalu ketat atau terlalu longgar.<br />Minum-minuman alkohol dan menghisap ganja biasanya merupakan respon terhadap stres dan akibat meniru teman. Masalah seksual paling sering mencerminkan adanya kesulitan diri didalam proses pendewasaan.<br />Secara umum masalah yang terjadi pada remaja dapat diatasi dengan baik jika orang tuanya termasuk orang tua yang "cukup baik". Donald winnicott, seorang psikoanalisis dari Inggris memperkenalkan istilah "good enough mothering" ia menggunakan istilah ini untuk mengacu pada kemampuan seorang ibu untuk mengenali dan memberi respon terhadap kebutuhan anaknya, tanpa harus menjadi ibu yang sempurna. Sekarang laki-laki pun telah "diikutsertakan", sehingga cukup beralasan untuk membicarakan tentang "menjadi orang tua yang cukup baik"<br />Tugas-tugas yang dilakukan oleh orang tua yang cukup baik, secara garis besar adalah:<br />memenuhi kebutuhan fisik yang paling pokok; sandang, pangan dan kesehatan<br />memberikan ikatan dan hubungan emosional, hubungan yang erat ini merupakan bagian penting dari perkembangan fisik dan emosional yang sehat dari seorang anak.<br />Memberikan sutu landasan yang kokoh, ini berarti memberikan suasana rumah dan kehidupan keluarga yang stabil.<br />Membimbing dan mengendalikan perilaku.<br />Memberikan berbagai pengalaman hidup yang normal, hal ini diperlukan untuk membantu anak anda matang dan akhirnya mampu menjadi seorang dewasa yang mandiri. Sebagian besar orang tua tanpa sadar telah memberikan pengalaman-pengalaman itu secara alami.<br />Mengajarkan cara berkomunikasi, orang tua yang baik mengajarkan anak untuk mampu menuangkan pikiran kedalam kata-kata dan memberi nama pada setiap gagasan, mengutarakan gagasan-gagasan yang rumit dan berbicara tentang hal-hal yang terkadang sulit untuk dibicarakan seperti ketakutan dan amarah.<br />Membantu anak anda menjadi bagian dari keluarga.<br />Memberi teladan.<br /><br />Daftar pustaka<br />Lask, Bryan. Memahami dan mengatasi masalah anak. 1985. Gramedia. Jakarta<br />Nadeak, wilson. Memahami anak remaja. 1991. Kanisius. Yogyakartaanak sastrahttp://www.blogger.com/profile/04454225415304002619noreply@blogger.com0